Halaman

Sabtu, 19 Oktober 2013

CARA MENGINSTALL DAN MENGGUNAKAN TEAMVIEWER 8



CARA INSTALASI DAN MENGGUNAKAN TEAM VIEWER

a.     Cara install team viewer.
1.      Kita dapat mendownload aplikasi team viewer terlebih dahulu di halaman berikut.
2.     Kita buka tempat kita menyimpan installer dari team viewer.






  1. Kita doube klik  file teamviewer_setup kemudian akan muncul tampilan berikut yaitu seup sedang berjalan dan diproses.

  1. Saat loading selesai maka akan muncul jendela  team viewer 8 set up. Pada jendela ini kita akan di tanya apa yang akan kita proses. Kita pilih saja install pada pilihan how do you want to proced.

  1. Pada jendela yang sama juga kita pilih personal / non-commercial use pada pilihan how do you want to use TeamViewer?

  1. Jika sudah kita pilih kedua opsi di atas maka kita klik accept – finish. Lalu akan muncul jendela berikut ini.

  1. Kemudian kita tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
  2. Saat instalasi selesai maka jendela team viewer akan keluar pada jendela ini kita akan di jelaskan cara menggunakan team viewer dan juga bagian-bagian dari jendela team viewer. Untuk lebih jelasnya akan akan di tampilkan pada gambar berikut ini.



  1. Saat jendela di atas telah kita tutup maka kita akan melihar jendela utama dari team viewer itu sendiri . untuk memulai plikasi ini kita perlu terhubung dengan internet jan juga beberapa PC karena aplikasi ini digunakan untuk melihat aktivitas dan juga me-remote PC. Dengan via internet dan juga ketika kita telah terb=hubung dengan internet maka kita akan medapatkan id dan juga password utuk berkomunikasi denga pc yang lainya yang terhubung dengan aplikasi team viewer.


  1. Cara menggunakan team viewer
1.       Seperti yang telah kita bahas sebelumya yaitu ktia harus terhubung denga internert untuk melakuikan komunikasi dan juga berhubungan dengan aplikasi ini, karena untuk mendapatkan id dan juga password kita harus terhubung dengan internet.
2.       Pada jendela team viewer terdapat dua buah tab yaitu remote control dan juga meeting. Maksunya adalah remote control kita dapat gunakan untuk me-remote computer lainnya yang telah kita hubungkan. Sedangkan pada jendela meeting digunakan untuk saling berkomunikasi dengan beberapa user dengan menggunakna meeting id yang telah kita buat sebelumnya .

3.       Untuk memulai meremote pc dari partner yang terhubung yaitu, pertama kita harus mengetahui id dan juga password dari partner yang terhubung dengan kita.
4.       Jika kita telah mendapatkan id dan password dari partner yang telah terhubung. Maka langkah selanjutnya adalah masukan id dari teman kita yang akan kita hubungkan pada kotak isian partner id. Jika telah terisi kemudian klik connect to partner.

5.       Jika telah kita klik connect to partner maka akan muncul jendela untuk memasukan password dari id parner yang akan kita hubungkan. Setelah kita isikan kotak password lalu kita klik log on pada jendela tersebut.

6.       Setelah langkah di atas telah selesai maka jendela dari teman kita akan muncul pada desktop computer kita. Pada jendela ini kita dapat mengatur aktifitas dari kompuer yagn telah kita hubungkan. Selain itu  partner kita juga masih dapat menggunakan atau mengoperasikan desktopnya sendiri. Jadi pada fungsi remote control ini, kita dapat menggunakan/mengoperasikan sebuah pc dengan dua user yang jaraknya saling berjauhan.


 

7.       Fungsi selanjutnya adalah meeting. Cara menggunakannya hampir sama dengan remote control tapi kita hanya dapat berkomunikasi dalam satu windows yang sama dan juga denga beberapa user yang berbeda-beda.
8.       Pertama yaitu buat sebuah meeting atau sebuah room untuk kita saling berkomunikasi. Caranya adalah dengan klik start instant meeting pada jendela meeting.

9.       Lalu kita akan mendapatkan meeting id. Seperti gambar berikut.

10.   Untuk memulai meeting maka partner yang lain harus mengetahui id meeting yang telah kita buat, dan memasukannya pada meeting id di jendela meeting masing-masing. Kemudian klik join meeting.

11.   Kemuadian pada desktop partner yang lain akan muncul jendela dari orang ynag membuat id meeting ter sebut

12.   Pada jendela meeting ini kita dapat menggunakan beberapa feature yaiut sharing data/file, chating, video call, dll. Cara nya hanya tinggal klik tab-tab yang terletak di bagian atas jendela meeting kita.
13.   Berikut ini adalah contoh penggunaan video call. Jika kita ingin menggunakan video call maka kita memerlukan sebuah web cam, jika ktidak maka kita dapat mengganti dengan mengganti webcam dengan menggunakan sebuah picture namun hanya suara kita saja yang terdengar oleh user yang lain. Bis di bilang hampir sama dengan menggunakan voice call.


14.   Pengguanaan team viewer untuk sharing data/file cara nya hanya dengan klik tab untuk sharing file kemudian kita pilih file yang akan kita sharing. Seperi gambar berikut ini.


15.   Untuk mendownload atau melihat file tersebut kita hanya perlu men-klik file yang akan kita lihat/download saja.





16.   Untuk memulai chating kita harus klik terlebih dahulu tab chat yang terletak di bagian atas sepertilangkah sebelumnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar