Halaman

Rabu, 18 Desember 2013

Cara Membuat Video Tutorial


Tak jarang setiap kita melakukan menggunakan dan menjalankan sebuah aplikasi ada beberapa orang yang ingin tahu bagaimana cara untuk melakukakan hal yang seperti kita lakukan. Untuk mempraktekan kepada orang-orang yang ingin mengetahui langkah kerja yang kita lakukakan ada dua cara yaitu secara langsung dan juga secara tidak langsung untuk secara langsung dapat dilakukan secara praktek atau secara teori. Untuk secara teori dapat kita lakukan seperti membuat beberapa print screen dari langkah kerja yang telah kita lakukan pada computer kita dan memberi keterangan-keterangana berupa teks pada word atau aplikasi lain yang serupa. Secara praktek ialah kita lakukan seolah-olah langsung berhadapan dengan orang yang telah berhasil melakukan/menjalankan aplikasi tersebut dengan melihat rekaman aktifitas kita pada layar computer.
Untuk merekam aktifitas yang kita lakukan pada computer dapat digunakan beberapa aplikasi seperti youcam, webcammax, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut telah di gunakan banyak orang untuk membuat sebuah langkah kerja ataupun sebuah tutorial. Untuk melakukan suatu aktifitas agar orang lain atau pengguna lain dapat mengikuti setiap detail dari langkah yang kita lakukan pada koputer kita.
Kali ini saya akan mempraktekkan bagaimana untuk menggunakan youcam untuk merekam aktifitas pada computer.



A.      Cara instalasi youcam

1.      Carilah aplikasi CyberLink YouCam4.0.0820 yang dapat kita download di internet atau membeli aplikasi tersebut pada toko software.
2.      Lalu kita buka file tersebut yang terdiri dari CyberLink YouCam4.0.0820.exe dan cd key.txt.
3.      pertama kita harus install atau jalankan aplikasi CyberLink YouCam dengan membuka CyberLink YouCam4.0.0820.exe

4.      Setelah muncul tampilan installing lalu kita klik next.


5.      Setelah itu akan muncul tampilan license agreement atau persetujan untuk melajutkan proses menginstall. Lalu kita klik yes.

6.      Pada langkah selanjutnya kita akan diminta untuk mengisi username(nama pegguna), company name(nama perusahaan) dan serial number.

7.      Untuk mengisi serial number kita buka file cd ket.exe yang telah terdapat pada file cyberlink youcam yang kita dapatkan. Kemudian kita blok kombinasi nomor dan angka pada serial number/activation key.

8.      Klik kanan pada kotak serial number dak pilih paste dan serial kita copy sebelumnya akan tertulis pada kotak serial number.

9.      Tampilan di atas kita akan di tunjukkan di bagian mana pada computer kita akan kita install aplikasi youcam. Setelah kita pilih tempat menginstall lalu kita klik next.

10.  Lalu di tampilkan aplikasi-aplikasi apa yang telah terinstall pada direktori yang kita pilih, file youcam akan terinstall pada tempat yang sama seperti file-file yang tampil pada kotak existing files. Lalu kita klik next untuk melanjutkan proses menginstall.

11.  Lalu proses penginstalla akan berjalan hingga selesai. Pada proses ini kita hanya perlu menunggu sampai proses menginstall berakhir.
12.  Setelah proses mengistall selesai maka akan muncul tampilan intallShield wizard complete. Yang menandakan proses menginstall berakhir dan kita hilah tanda checklist pada view readme file. Klik finis untuk menyelesaikan proses menginstall.


B. Cara menggunakan cyberlink youcam untuk merekam aktifitas pada layar computer.

1.      Buka shortcut youcam yang telah kita install tadi pada dektop kita.

2.      Setelah muncul jendela dari youcam kita pilih capture your desktop movement. Lalu kita klik icon tersebut untuk memulai merekam aktifitas di layar kita. 

3.      Kemudian akan muncul tampilan destop capture. Disini kita dapat langsung memulai perekaman atau mengatur beberapa setingan seperti mouse movement, fixed area, da full screen.

4.      Kegunaan dari ketiga opsi tersebut adalah:
a.       mouse movement : digunakan untuk menangkap aktifitas desktop sekitar poiter dari mouse.
b.      Fixed area             : digunakan untuk merekam aktifitas pada salah satu blok bagian yang akan kita rekam.
c.       Full screen                         : digunakan untuk merekan gambar secara full screen atau seluruh gambar pada layar yang akan kita rekam.

5.      Untuk mulai merekam aktifitas pada layar computer kita langsung klik capture dengan tanda dot berwarna merah.


6.      Setelah kita klik capture maka akan muncul tampilan dibawah yang menandakan kita telah mulai merekam aktifitas pada layar computer kita secara penuh.
       
      
7.      Jika kita ingin mengakhiri rekaman kita klik saja stop dengan tanda kotak berwarna hijau.


8.      Untuk melihat rekaman yang telah kita buat caranya klik restore dan akan kembali ke jendela utama pada youcam.



 9.      File video kita akan di tampilkan pada menu display videos and photos seperti gambar di bawah ini.



10.  Untuk memulai rekaman kita klik video yang akan kita mainkan. Dan klik play


11.  Untuk melihat hasil rekaman pada computer kita buka file dokumen.



12.  Jika pada file dokumen telah ditemukan hasil dari rekaman kita maka proses untuk merekam aktifitas pada layar computer telah selesai.




Kesimpulan:
Untuk membuat sebuah media pembelajaran secara tidak langsung bertatap muka dapat kita gunakan aplikasi-aplikasi untuk merekam layar monitor dengan cara ini kita dapat melihat secara detail bagaimana untuk mengoperasikan sebuah program, dan cenderung lebih mudah dimengerti oleh orang yang ingin mengetahui tentang pengoperasian suatu program walaupun tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar